SUARA INDONESIA PACITAN

Wisata Sendang Seruni, Konon Tempat Pemandian Bidadari yang Bikin Awet Muda

Muhammad Nurul Yaqin - 04 September 2022 | 16:09 - Dibaca 5.95k kali
Wisata Wisata Sendang Seruni, Konon Tempat Pemandian Bidadari yang Bikin Awet Muda
Pemandian alam Sendang Seruni muncul dari 7 sumber mata air alami yang dikombinasikan dengan konservasi hutan bambu. Pengunjung tampak memadati kawasan wisata tersebut, Minggu (4/9/2022). (Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI - Di balik keindahan wisata alam Sendang Seruni di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi ternyata menyimpan legenda mistis.

Konon sebelum berdirinya wisata alam bernuansa pemandian ini, dulunya merupakan tempat pemandian para bidadari.

Pemandian alam ini muncul dari 7 sumber mata air alami yang dikombinasikan dengan konservasi hutan bambu.

Bahkan ada rumor yang berkembang di masyarakat, 7 sumber mata air alami di kawasan Sendang Seruni dipercaya bisa membuat awet muda.

Ketua Pokmas Sendang Seruni, Karsono membeberkan wisata alam ini dulunya adalah sumber mata air jernih yang mengalir dari salah satu pegunungan ujung barat Desa Wisata Tamansari.

Sumber mata air itu dulunya mengalir membentuk seperti danau kecil yang sering digunakan untuk mandi oleh masyarakat setempat.

"Menurut nenek moyang dahulu Sendang Seruni pernah dibuat mandi para bidadari sehingga dipercaya bisa membuat awet muda," ujarnya, Minggu (04/09/2022).

Karsono menyebut sebelum dikembangkan jadi wisata dulunya Sendang Seruni masih kawasan hutan, akhirnya pada tahun 2014 dirawat oleh kelompok masyarakat setempat.

"Wisata ini dibuka pada tahun 2014, kemudian sangat dikenal dan mulai ramai pengunjung pada tahun 2019 hingga sekarang. Alhamdulilah adanya Sendang Seruni ekonomi masyarakat terangkat, karena UMKM diisi oleh warga setempat," tandasnya.

Sendang Seruni menjadi destinasi wisata alam yang tersembunyi di tengah kebun. Lokasinya berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Banyuwangi atau bisa ditempuh dengan 30 menit perjalanan darat.

Untuk menuju lokasi kolam, pengunjung perlu berjalan menuruni anak tangga kurang lebih 5 menit. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil, maka harus berjalan lebih lama hingga 10 menit mengingat akses masuk hanya bisa dilewati roda dua. 

Namun jangan khawatir, di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi yang rindang nan asri.

Sedangkan untuk tiket masuk sangat terjangkau cukup dengan Rp 5.000 pengunjung sudah bisa mandi ataupun mengabadikan momen bersama keluarga, teman hingga pasangan.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan mendapati pemandangan kolam alam dengan air yang sangat jernih. Kolam alam ini dialiri tujuh sumber mata air, tiga di antaranya bersumber di dasar kolam.

Pohon-pohon bambu yang mengelilinginya membuat suasana semakin sejuk dan elok dipandang. Selain kolam untuk dewasa juga disediakan pemandian untuk anak-anak.

Wisata Sendang Seruni bisa dinikmati mulai Selasa-Minggu, dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Semua kebutuhan pengunjung sudah dilengkapi pihak pengelola mulai penjaga, sewa ban, area parkir, kamar mandi, lapak pedagang hingga gazebo untuk beristirahat.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya