SUARA INDONESIA PACITAN

DPRD Surabaya Minta Usut Tuntas Dugaan Kekerasan Anak di Panti Asuhan

Lukman Hadi - 23 September 2022 | 18:09 - Dibaca 2.02k kali
Peristiwa Daerah DPRD Surabaya Minta Usut Tuntas Dugaan Kekerasan Anak di Panti Asuhan
DPRD Surabaya Minta Usut Tuntas Dugaan Kekerasan Anak di Panti Asuhan.

SURABAYA - Dugaan kekerasan pada anak di bawah umur kembali terjadi di Surabaya. Kali ini, korban siswi salah satu SMP di Kota Pahlawan berinisial M (15).

Kabar tersebut langsung terdengar di telinga Anggota DPRD Surabaya, Budi Leksono. Pria akrab disapa Buleks ini seketika mendatangi korban dugaan kekerasan pada Kamis (22/9/2022) kemarin.

Budi menjelaskan, tindakan kekerasan yang dialami korban (M) bukan terjadi di sekolah, melainkan saat berada di salah satu panti asuhan.

"M tinggal di salah satu panti asuhan di Surabaya. Di situlah ia mengaku sering mendapat kekerasan dari pengurus panti," kata Budi, Jumat (23/9/2022).

Saat menemui korban, Budi didampingi oleh pihak sekolah dari M dan Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak.

Untuk saat ini, kata Budi, M sudah tidak tinggal di panti asuhan lagi. Kini dirinya dibawa dan tinggal di Yayasan Perlindungan Perempuan dan Anak.

"Dalam hal ini sesuai keterangan dari korban bahwa panti asuhan tersebut sarat dengan tindakan kekerasan terhadap anak dan pelanggaran hak anak," ungkap Budi setelah mendapat pengakuan dari korban.

Dengan begitu, ia meminta kasus yang dialami M mendapat penangan serius dan bisa diusut tuntas oleh pihak berwajib.

"Kasus tindakan kekerasan yang menimpah anak di bawah umur seperti ini harus segera diselidiki dan diusut tuntas," ujar Sekretaris Komisi A ini.

Sementara perwakilan dari Komite Sekolah korban, Mei Rukmana menyampaikan kronologis dari apa yang dialami M.

Menurut Mei, ia mendapat kabar dari guru BK sekolah, bahwa ada salah satu muridnya yang diusir dari panti asuhan.

"Kemudian ibu kepala sekolah koordinasi kepada saya, dan M ternyata diusir dari panti itu. M juga cerita bahwa kerap kali mendapatkan kekerasan di panti, seperti disiram air panas dipukul pakai hanger, sapu dan itu katanya sudah biasa," jelas Mei saat dihubungi melalui seluler.

Dari pengakuan yang didapat dari M, Mei mengatakan, perlakukan buruk dari pengurus panti asuhan juga dilakukan kepada anak-anak lainnya.

"M untuk menceritakan kesalahannya sendiri bingung, karena dia merasa apa yang dilakukan sudah benar namun dinilai tidak cocok oleh pengurus panti. Kalau dari pihak panti sendiri, katanya M kerap kali membangkang," beber Mei yang juga aktivis perlindungan perempuan dan anak ini.

Namun, lanjut Mei, hingga kini ia belum sekalipun bertemu dengan pihak panti asuhan M. Karena waktu itu yang mendatangi ke panti adalah kepala sekolah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya